Zetcil Certified - Novice


Technomedialabs - Zetcil Certified adalah skema standarisasi pengembangan game/aplikasi multimedia menggunakan Zetcil Framework berbasis game engine Unity. Zetcil Certified merupakan unofficial sertification yang bertujuan sebagai studi kasus terhadap skema sertifikasi resmi Unity yang dianggap masih terlalu rumit dan sulit dalam mekanisme klasifikasinya.

Zetcil Certified Unity Game Developer - Novice adalah sertifikasi yang ditujukan untuk pelajar/mahasiswa yang memahami konsep dasar Game Development Life Cycle, penggunaan Zetcil Framework dan mampu membangun game FPS/RPG berbasis game framework Education Low Fantasy (ELF).

Ada pun silabus Zetcil Certified Unity Game Developer - Novice dijelaskan sebagai berikut:

1. Game Development Life Cycle (GDLC) 

Objective: 
Memahami tahap-tahap pengembangan game menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dan perancangan gameplay menggunakan Framework Mechanic-Dynamic-Aesthetic (MDA)

Sub-Objective#1: 
Memahami konsep Project Hierarchy Unity Game Engine dan mampu mengimplementasikan basic game flow dalam satu project mulai dari SplashScreen, GameMenu dan Gameplay. Zetcil yang digunakan adalah Variable Model, & Canvas View.

Sub-Objective#2: 
Memahami konsep pengembangan game dalam teamwork, serta mampu merencanakan konsep pengembangan game dengan genre FPS/RPG/RTS untuk PC.

2. Character & Level Design

Objective: 
Memahami tahap-tahap pencatatan konsep pengembangan game yang dituangkan ke dalam sebuah Game Design Document (GDD).

Sub-Objective#1: 
Membuat rancangan karakter menggunakan Character Creator services/software yang dapat digunakan sebagai Player/NPC.

Sub-Objective#2: 
Membuat rancangan level berbasis Pro Builder dengan menggunakan berbagai mesh standar untuk membentuk area maze interaktif.

3. Game Storytelling Concept

Objective
Memahami konsep pengembangan storytelling dalam game khususnya pemetaan konsep Heroes Journey yang dipadukan dengan framework Education Low Fantasy (ELF)

Sub-Objective#1: 
Memahami konsep scripting pada Unity Game Engine dan mampu mengimplementasikan basic mechanic game seperti player Transform, Input, Instantiate dan Collision. Zetcil yang digunakan adalah Variable Model, & Unity Controller.

Sub-Objective#2: 
Memahami konsep dasar logika pemrograman pada game dengan melakukan berbagai kondisi terhadap suatu aksi yang akan dilakukan oleh player. Zetcil yang digunakan adalah Variable Model, & Game Controller.

4. Humanoid Animation

Objective: 
Memahami konsep format file 3D dan mampu melakukan implementasi Auto-Rigging dan Animation Services pada karakter Humanoid T-Pose.

Sub-Objective#1: 
Membuat rancangan Animation State Diagram yang bersesuaian dengan mekanisme interaksi karakter. Zetcil yang digunakan adalah Variable Model, & Player Controller.

Sub-Objective#2: 
Membuat rancangan level berbasis Terrain Builder dengan menggunakan berbagai elemen visual seperti trees, water, dan wind untuk membentuk area game interaktif.

5. Cinematic Animation

Objective: 
Memahami konsep pembuatan film animasi yang menggabungkan antara pengembangan plot cerita, camera angle dan komposisi musik serta video editing.

Sub-Objective#1: 
Membuat rancangan Cinematic Animation atau Cutscene menggunakan Cinemachine dan Recording. 

6. User Interface (UI) Design

Objective: 
Memahami konsep pembuatan User Interface (UI) pada game meliputi Canvas, Button, Text, Image dan Rectangle Tool. Termasuk penggunaan Animation UI.

Sub-Objective#1: 
Membuat rancangan Head Up Display (HUD) menggunakan Canvas serta integrasi variable dan komponen UI. Zetcil yang digunakan adalah Variable Model, & Canvas View.

Sub-Objective#2: 
Membuat rancangan dan implementasi untuk mekanik Win/Lose Condition. Pause dan Quit Game.

7. Game Mechanic FPS

Objective: 
Memahami konsep pembuatan game mekanik First Person Shooter (FPS) yang terdiri dari Camera Movement, Player Movement, Player Shooting dan Scoring System.

Sub-Objective#1: 
Membuat game mekanik First Person Shooter (FPS) dengan mengintegrasikan Gameplay, Character dan Animation. Zetcil yang digunakan adalah Variable Model, Player Controller, Camera Movement & Character View.

Sub-Objective#2: 
Membuat integrasi special effect untuk game mekanik First Person Shooter (FPS) yang terdiri dari suara, animasi dan partikel.

8. Game Mechanic ARPG

Objective: 
Memahami konsep pembuatan game mekanik Action Role Playing Game (ARPG) yang terdiri dari Camera Movement, Player Movement, Player Attack dan RPG System.

Sub-Objective#1: 
Membuat game mekanik Action Role Playing Game (ARPG) dengan mengintegrasikan Gameplay, Character dan Animation. Zetcil yang digunakan adalah Variable Model, Player Controller, Camera Movement & Character View.

Sub-Objective#2: 
Membuat integrasi special effect untuk game mekanik Action Role Playing Game (ARPG) yang terdiri dari suara, animasi dan partikel.

9. Game Mechanic RTS

Objective: 
Memahami konsep pembuatan game mekanik Real Time Strategy (RTS) yang terdiri dari Camera Movement, Player Movement, Player Attack dan RPG System.

Sub-Objective#1: 
Membuat game mekanik Real Time Strategy (RTS) dengan mengintegrasikan Gameplay, Character dan Animation. Zetcil yang digunakan adalah Variable Model, Player Controller, Camera Movement & Character View.

Sub-Objective#2: 
Membuat integrasi special effect untuk game mekanik Real Time Strategy (RTS) yang terdiri dari suara, animasi dan partikel.

10. Friend & Foe AI

Objective: 
Memahami konsep pembuatan Artificial Intelligence (AI) untuk pembuatan karakter Friend/Ally dan Foe/Enemy.

Sub-Objective#1: 
Membuat game mekanik Friend/Ally follow dan attacking sesuai dengan konfigurasi yang dilakukan.

Sub-Objective#2: 
Membuat game mekanik Foe/Enemy chase dan attacking sesuai dengan konfigurasi yang dilakukan.

11. Game Play Integration

Objective: 
Melakukan integrasi komponen game dengan konsep cerita yang telah dikembangkan sebelumnya. Baik dalam bentuk narasi atau cutscene.

Sub-Objective#1: 
Membuat puzzle mekanik in-game yang berkaitan dengan unsur pengembangan game dengan penerapan konsep ELF.

12. Game Troubleshooting

Objective: 
Melakukan pengujian dan evaluasi troubleshooting terhadap game yang sedang dibangun. Termasuk menemukan dan memperbaiki beberapa bug minor.

Sub-Objective#1: 
Melakukan validasi terhadap mekanisme Basic/Advanced game flow terhadap game yang sedang dibangun.

13. Game Publishing

Objective: 
Melakukan building game untuk target platform PC dan merilisnya sebagai produk Beta yang dapat diuji kepada user dan mendapatkan berbagai macam user feedback untuk perbaikan atau peningkatan mekanik game.