Header Ads

Game Development References


Technomedialabs - Game Development merupakan sebuah proses pembangunan game yang terdiri dari proses pembangunan konsep, perancangan game dari sisi teknis dan seni serta implementasi game menjadi sebuah produk independen yang dapat diuji dan dievaluasi.

Metode yang umum digunakan pada proses pembangunan game yang dikenal sebagai Game Development Life Cycle (GDLC) merupakan inheritance dari Software Development Life Cycle (SDLC) dan transisi dari Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Sehingga bisa dibilang, game merupakan sebuah produk yang memiliki akar konsep yang sama dengan aplikasi/software atau produk multimedia.

Terdapat beberapa istilah umum yang digunakan untuk mempermudah pemahaman terhadap setiap tahapan pembangunn game. Beberapa diantaranya adalah Game Development Life Cycle, Game Flow, Game Play dan Game Mechanic.

Game Development Life Cycle


Game Development Life Cycle (GDLC) adalah sebuah siklus pengembangan game yang dimulai pengembangan konsep/ide, perancangan visual, pengembangan game mekanik, sampai pada tahap rilis dan evaluasi. GDLC merupakan turunan dari SDLC dan memiliki banyak versi yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian, modifikasi model dan best practice dari studio game yang bersangkutan.



Artikel lebih lengkap tentang GDLC dan pembahasan terhadap beberapa variasi GDLC yang populer digunakan bisa dilihat di sini:


Game Flow


Game Screen Flow Diagram kadang di sebut dengan Game Progress, Flow Diagram User Interface (UI),  Storyboard UI, atau terkadang disebut Game Flow saja adalah diagram yang menunjukkan alur tertentu terhadap apa yang dilalui dan dapat dilakukan pemain dalam sebuah game.

Diagram ini harus dapat menunjukkan bagaimana pemain bergerak dari satu kondisi ke kondisi lain dalam game. Misalnya, memilih satu level dalam menu utama, melihat cinematic cutscene di setiap kemunculan level awal atau jika player mati maka masuk ke kondisi Restart Y / N. Pada intinya setiap game pasti memiliki flow tertentu yang meski memiliki kecenderungan serupa, namun memiliki berbagai beberapa perbedaan flow yang menjadi ciri khas setiap game.

Berikut ini adalah beberapa contoh Gameflow yang bisa dijadikan referensi:


Game Play & Mechanic


Gameplay bisa didefinisikan sebagai kombinasi game mechanic yang mengatur bagaimana pemain berinteraksi dengan game. Game mechanic merupakan aturan terperinci dalam sebuah game yang mengatur tentang bagaimana sistem pergerakan karakter, sistem penilaian dalam game, bagaimana tantangan dan cara mengatasinya, serta juga termasuk plot cerita dan koneksi pemain dengannya.

Kombinasi Game Mechanic yang berbeda akan menghasilkan Game Play yang berbeda dan cenderung akan menghasilkan genre atau istilah jenis permainan yang berbeda pula. Sebuah game dengan yang mekanik yang sama, dengan sudut pandang yang berbeda akan menghasilkan sebuah game dengan genre dan istilah yang berbeda pula.

Berikut ini adalah beberapa contoh breakdown Gameplay yang bisa dijadikan acuan pada pembangunan game:


Game Storytelling


Membuat sebuah  cerita merupakan satu tantangan yang cukup kompleks, apalagi cerita yang ditujukan untuk sebuah game. Mengapa? Karena tidak seperti cerita yang dibuat untuk novel/komik atau bahkan film/animasi yang bersifat satu arah, cerita dalam sebuah game harus memiliki sisi interaksi dengan audience karena game sejatinya merupakan sebuah produk yang menitikberatkan pada faktor interaksi dengan pengguna.

Gampangnya, sebuah cerita dalam game harus dapat berjalan dinamis sesuai dengan apa yang dilakukan oleh pemain. Meski dalam prakteknya, beberapa game level AAA juga dapat tetap disukai para penggemarnya meski menggunakan plot linear.

Berikut ini adalah beberapa tips pembuatan cerita/storytelling yang bisa dijadikan acuan pada pembangunan game:


Game Certified Syllabus


Game merupakan salah satu bentuk produk multimedia yang merupakan kombinasi dari desain teknologi, teknik visual, serta mekanik interaksi antar komponen. Kompleksitas pembuatan game membuat silabus dan sertifikasi pengembangan game cenderung berbeda satu sama lain, tergantung dari tujuan pelatihan/training gamenya sendiri.

Saat ini, game engine yang memiliki skema sertifikasi terlengkap adalah Unity yang telah membagi beberapa jenis sertifkat untuk berbagai jenis kemampuan individu. Secara garis besar, Unity membagi tiga jenis sertifikasi untuk pengguna yang akan berprofesi sebagai game programmer, game artist, atau game developer secara umum.


Sertifikasi Unity dikhususkan untuk melakukan validasi skill individu yang akan bekerja/mengerjakan sebuah proyek game di sebuah studio besar. Berikut ini adalah jenis pilihan sertifikasi Unity yang disajikan secara lengkap.


Selain itu ada pula Official Zetcil Certified Syllabus yang dikhususkan pada skill pengembangan game menggunakan Unity berbasis Zetcil Framework bagi pelajar/mahasiswa.

Posting Komentar

0 Komentar