Game Development Life Cycle - Industry Version - Technology Multimedia

Technomedialabs - Game Development Life Cycle (GDLC) merupakan konsep pengembangan game yang menjadi acuan bagi studio dan praktisi game dalam mengembangkan aplikasi game. Sebagai sebuah model, GDLC memiliki banyak variasi yang disesuaikan dengan studio dan praktisi game yang menggunakannya berdasarkan perspektive dasar yang mereka perlukan.

Berikut ini adalah beberapa GDLC yang dibangun berdasarkan sudut pandang industri. GDLC ini memiliki kecenderungan untuk membuat game yang dengan meminimalisir kerugian waktu dan budget terhadap proses pengembangan game. GDLC ini juga dibangun dengan memperhatikan skema monetisasi pasca game dirilis.

GDLC Versi Blitz Game Studio




Dalam model versi Blitz Game Studio, proses pengembangan baru dimulai setelah dilakukan pitch atau pitch document. Dalam hal ini, proses pengembangan game hanya akan dimulai bila telah didapatkan kepastian pendanaan pengembangan melalui proses pitching. Akhir dari proses pengembang ini disebut dengan Master yang menandakan game siap untuk diproduksi secara masal.

GDLC Versi Agate Studio



GDLC versi Agate Studio secara umum memiliki kemiripan dengan beberapa GDLC sebelumnya. Perbedaan mendasar pada GDLC versi ini adalah adanya tambahan berupa approval dari stakeholder yang bersangkutan. Hal ini dikarenakan GDLC versi Agate Studio telah menambahkan unsur bisnis dalam proses pengembangannya.

GDLC Versi Unity Tech Guru



GDLC versi Unity Tech Guru secara umum memiliki kemiripan dengan beberapa GDLC sebelumnya. Perbedaan mendasar pada GDLC versi ini adalah adanya tambahan berupa tahap non teknis seperti Conceptual Analysis, Team Building dan Sales/Marketing yang bertujuan untuk melakukan budgeting dan monetisasi terhadap game yang dirilis

Game Development Life Cycle - Industry Version


Technomedialabs - Game Development Life Cycle (GDLC) merupakan konsep pengembangan game yang menjadi acuan bagi studio dan praktisi game dalam mengembangkan aplikasi game. Sebagai sebuah model, GDLC memiliki banyak variasi yang disesuaikan dengan studio dan praktisi game yang menggunakannya berdasarkan perspektive dasar yang mereka perlukan.

Berikut ini adalah beberapa GDLC yang dibangun berdasarkan sudut pandang industri. GDLC ini memiliki kecenderungan untuk membuat game yang dengan meminimalisir kerugian waktu dan budget terhadap proses pengembangan game. GDLC ini juga dibangun dengan memperhatikan skema monetisasi pasca game dirilis.

GDLC Versi Blitz Game Studio




Dalam model versi Blitz Game Studio, proses pengembangan baru dimulai setelah dilakukan pitch atau pitch document. Dalam hal ini, proses pengembangan game hanya akan dimulai bila telah didapatkan kepastian pendanaan pengembangan melalui proses pitching. Akhir dari proses pengembang ini disebut dengan Master yang menandakan game siap untuk diproduksi secara masal.

GDLC Versi Agate Studio



GDLC versi Agate Studio secara umum memiliki kemiripan dengan beberapa GDLC sebelumnya. Perbedaan mendasar pada GDLC versi ini adalah adanya tambahan berupa approval dari stakeholder yang bersangkutan. Hal ini dikarenakan GDLC versi Agate Studio telah menambahkan unsur bisnis dalam proses pengembangannya.

GDLC Versi Unity Tech Guru



GDLC versi Unity Tech Guru secara umum memiliki kemiripan dengan beberapa GDLC sebelumnya. Perbedaan mendasar pada GDLC versi ini adalah adanya tambahan berupa tahap non teknis seperti Conceptual Analysis, Team Building dan Sales/Marketing yang bertujuan untuk melakukan budgeting dan monetisasi terhadap game yang dirilis
Load comments